News

banjir di karawang semakin meluas


Karawang (23/03) masih hujannya di daerah hulu sungai citarum mengakibatkan areal yang terkena banjir di kabupaten semakin meluas, lebih dari 5000 rumah terendam banjir dan mengungsi ke daerah – daerah yang belum tergenang banjir.

banjir tahun ini dirasa warga adalah banjir terparah setelah banjir-banjir yang pernah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.  areal banjir yang meluas pun di akibatan oleh saluran – saluran air yang tidak mengindahkan peraturan yang sudah ada, idealnya saluran pembuangan limbah dari rumah tangga masyarakat yang mengalir ke sungai citarum berada di atas titik banjir bukannya pas atau lebih dari titik air normal, hal ini mengakibatkan air dari sungai citarum mengalir ke pemukiman warga dan terjebak di tengah-tengah areal perumahan.

daerah yang mengalami banjir yakni

- kecamatan telukjambe timur

- kecamatan Karawang barat

- kecamatan batujaya

- kecamatan pakis jaya

- kecamatan rengasdengklok

untuk di kecamatan rengasdengklok air belum masuk ke pemukiman warga. hanya rembesan – rembesan kecil di tanggul citarum dan  hal ini di perbaiki oleh warga setempat agar tanggul kuat menahan air dari sungai citarum.

menurut andrianto kepala monitoring bendungan jatiluhur yang di hubungi oleh karawang info lewat telepon tadi malam menjelaskan bahwa waduk jatiluhur dalam kondisi aman terkendali hanya saja ketinggian air yang mempunyai batas normal 107 meter  bertambah 1 meter menjadi 108 meter, hal ini di akibatkan karena daerah hulu sungai citarum masih diguyur hujan dengan intensitas sedang. sehingga untuk menjaga waduk jatiluhur perum jasatirta II harus menglirkan air tersebut ke sungai citarum

menepis tentang isu waduk jatiluhur akan mengalirkan 5000 m3/detik pihak pengelola membatah keras, menurut pengelola waduk jatiluhur sampai saat ini waduk jatiluhur hanya mengalirkan 620 – 680 m3/detik.

serta pihak pengelola tidak mengamini tentang isu sms bahwa presiden memberi mandat agar waduk jatuluhur mengalirkan air dengan debit yg lebih banyak

untuk menentramkan masyarakat pihak pengelola meminta agar masyarakat yang terkena dampak banjir tidak mengirimkan / menyebarluaskan informasi yagn tidak jelas karena semua isu yang beredar di masyarakat adalah KEBOHONGAN yang dilakukan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

namun sampai berita ini diturunkan pihak pemerintah belum memberikan bantuan terutama kebutuhan sehari-hari kepada para korban. menurut faisal salah satu korban banjir yagn berada di wilayah perumnas bumi telukjambe, warga sudah kehabisan makanan dan air bersih juga sudah ada warga yeng terjangkit penyakit gatal-gatal dan demam

faisal juga menuturkan agar pemerintah daerah kabupaten karawang segera Turba dan memberikan bantuan. (str)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s