News / Tourism

PUJABAKTI WAISAK BERSAMA 2554 BE/2010


pemerintah karawang foto bersama panitia puja bhakti waisak

pemerintah karawang foto bersama panitia puja bhakti waisak

Hari waisak yang jatuh pada tanggal 28 Mei 2010 telah berlalu, namun semangat umat budha untuk merayakan secara bersama-sama dengan umat budha yang lainnya begitu menggelora. hal ini dibuktikan dengan banyaknya umat budha yang menghadiri acara tersebut pada hari Minggu 6 juni 2010. acara yang dipusatkan disebuah pelataran candi yang bernama CANDI JIWA (Jiwa temple ) Desa segaran kecamatan Batu jaya kabupaten karawang bertemakan “DENGAN KEDAMAIAN MEMBANGUN KEBAHAGIAAN SEJATI” tema yang sangat menarik bagi saya meskipun saya bukan beragama budha namun disela-sela pidato dari salah satu bhikkhu (maaf lupa namanya) memberikan suatu motivasi bagi yang hadir baik umat budha maupun para tamu dan undangan. yang saya kutip dari pidato beliau yakni

meskipun manusia mempunyai seribu macam cobaan tapi janganlah cobaan itu membuat manusia kalah oleh keadaan

makna yang terkandung dalam kalimat pidato beliau begitu memotivasi untuk yang hadir diacara tersebut. acara yang berlangsung dari pukul 13.00 wib sampai dengan 17.00 sepertinya begitu membekas bagi umat budha yang menghadirinya karena selain bisa beribadah secara bersama-sama umat budha pun bisa menjalin silaturahmi dengan umat budha yang lainnya karena acara tersebut dihadiri oleh umat budha dari berbagai daerah seperti karawang, cikampek, purwakarta, rengasdengklok, cikarang, bandung, tanggerang, banten, DKI bahkan dari cirebon.

masyarakat yang menyaksikan PUJABAKTI WAISAK BERSAMA pun tak kalah banyak. acara yang sudah terselanggara 3 kali berturut-turut dengan tempat yang sama (candi jiwa) sedikitnya memberikan hiburan bagi warga setempat yang bisa melihat banyaknya orang beribadah yang bisa dilihatnya setahun sekali.

sambutan bupati karawang Bpk. Dadang S muchtar

acara ini sekaligus membuka tahun kunjungan kabupaten karawang 2010 oleh bupati karawang Bpk. Dadang S muchtar. dalam pidatonya bupati karawang berterima kasih karena candi jiwa masih dipergunakan sebagai tempat waisak bersama oleh umat budha secara 3 kali berturut-turut, hal ini tentunya juga menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah kabupaten karawang yang harus memperbaiki sarana dan prasarana terutama akses jalan menuju candi jiwa tsb.

para tamu dan undangan diacara puja bhakti waisak

pemukulan gong menandakan tahun kunjungan wisata karawang 2010 telah dimulai

namun selama perjalanan pergi ke candi jiwa pemerintah mulai memperbaiki jalan ke daerah tersebut namun belum rampung, hal mengakibatkan macet panjang ketika hendak pulang pada pukul 17.00 karena jalur yang dipakai hanya satu jalur dan harus buka tutup jalur.

hikmah dari acara tersebut yakni setiap manusia harus saling mengasihi satu sama lain. seperti agama islam mengatakan

HABLUM MINALLAH WA HABLUM MINANNAS

One thought on “PUJABAKTI WAISAK BERSAMA 2554 BE/2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s